5 Manfaat Utama Iklan Digital untuk Usaha Kecil

Rekomendasi.my.id - Bisnis kecil tanpa strategi periklanan digital seperti kapal tanpa kapten.



Kedengarannya seperti berlebihan?

Tidak ketika Anda mempertimbangkan taruhannya. Lebih dari dua miliar orang diperkirakan akan melakukan pembelian online pada tahun 2021. Angka besar ini mencakup produk dan layanan.

Melihat angka saja, ada banyak audiens online yang dapat dimanfaatkan bisnis kecil Anda. Dengan strategi periklanan digital yang tepat, bisnis Anda benar-benar dapat melihat peningkatan hasil, baik itu penjualan, arahan, atau lainnya.

Sebuah bisnis kecil dimulai dengan satu tujuan utama dalam pikiran: untuk tumbuh. Untuk melakukan itu, mereka perlu membuat orang sadar akan merek, produk, dan layanan mereka. Untuk mendapatkan produk atau layanan mereka di luar sana, mereka membutuhkan strategi periklanan digital yang efektif. Pertanyaannya sekarang adalah strategi periklanan mana yang digunakan. Mungkin jawaban terbaik adalah yang paling sesuai dengan visi dan tujuan perusahaan.

Kami akan membahas beberapa kampanye periklanan digital yang berbeda yang dapat Anda miliki, tetapi titik kunci utama di sini adalah bahwa Anda ingin kampanye Anda selaras dengan tujuan Anda. Misalnya, kami tidak akan merekomendasikan menginvestasikan semua anggaran iklan Anda ke kampanye yang menumbuhkan pengikut Anda, jika tujuan terbesar dan paling cepat Anda adalah penjualan online.

Lihat bagaimana kampanye dan sasaran tidak selaras? Memiliki tujuan yang jelas akan membantu Anda menghindari terputusnya hubungan seperti ini.

Contoh Kampanye Periklanan Digital
iklan digital

Variety adalah nama permainan ketika datang ke kampanye iklan digital. Untuk pemilik usaha kecil, ini adalah jenis kampanye yang dapat mereka pilih.

1. Kampanye Email

Kampanye email harus menjadi keharusan untuk kampanye iklan bisnis kecil. Di garis depan adalah buletin email, yang sangat mudah diatur. Anda menempatkan formulir opt-in di situs web Anda sehingga calon pelanggan akan mengetahui pembaruan terbaru tentang perusahaan Anda. Sign-up ini biasanya diintegrasikan ke situs web milik penyedia layanan email.

Tetapi bagaimana dengan bisnis-bisnis yang tidak memiliki situs web sendiri? Masih bisakah mereka menggunakan jenis kampanye ini?

Tentu saja. Yang perlu mereka lakukan adalah menggunakan halaman Facebook mereka. Jika mereka sudah memiliki daftar email, maka mereka dapat memasangkannya dengan halaman Facebook mereka untuk memulai kampanye pemasaran kecil yang menyenangkan.

Jenis lain dari kampanye pemasaran email adalah kampanye urutan tetes, yang sedikit lebih kompleks. Kampanye ini berfungsi jika Anda sudah memiliki daftar email atau daftar pelanggan aktif yang ada.

Kampanye urutan tetes memungkinkan email Anda dikirim secara otomatis berdasarkan tindakan tertentu yang dilakukan atau tidak dilakukan pengguna. Contoh kampanye urutan tetes adalah jika seseorang menambahkan produk Anda ke troli daring tetapi tidak memeriksa.

Sebuah email dapat secara otomatis mengirim mereka untuk mengingatkan mereka tentang produk dan meminta mereka untuk check out. Memilih antara kampanye pemasaran email berbasis buletin dan kampanye urutan tetesan hanya tergantung pada sifat bisnis Anda dan apa yang paling masuk akal bagi Anda saat ini.

2. PPC (Pay-Per-Click)

Iklan PPC telah menjadi strategi periklanan digital yang umum dan efektif, tetapi mereka juga bisa sangat mahal. Singkatnya, PPC memungkinkan situs web Anda untuk peringkat di hasil mesin pencari berbayar teratas untuk kata kunci tertentu yang dicari orang di Google.


Jika bisnis Anda menggunakan kata kunci yang dianggap populer (dan bisnis lain bersaing untuk itu), maka bersiap-siaplah untuk menghabiskan beberapa dolar teratas untuk itu. Tetapi jika Anda ingin menghindari itu dan masih menggunakan PPC secara efektif, Anda selalu dapat menggunakan kata kunci longtail yang lebih terjangkau.

Kata kunci longtail menawarkan lebih banyak opsi sehingga Anda dapat menemukan kata-kata yang lebih murah dan jauh lebih cocok dengan anggaran Anda.

Sedangkan untuk format iklan, Anda dapat memanfaatkan membuat iklan video. Berdasarkan penelitian terbaru oleh Laporan Pengeluaran Iklan Video 2019 oleh IAB, belanja iklan video terus meningkat. Bahkan, telah meningkat hingga 25% tahun ini. Dan juga, 86% pemasar di seluruh dunia menggunakan iklan video untuk kampanye PPC mereka. Begitulah efektifnya itu.

3. Pemasaran Konten

Pemasaran konten adalah pilihan bagus untuk mengarahkan lalu lintas serta keterlibatan. Dalam kampanye ini, Anda dapat menggunakan hampir semua jenis konten yang Anda miliki.

Bergantung pada apa yang Anda miliki atau apa yang ingin Anda gunakan saat ini, Anda dapat menggunakan blog, infografis, video, dan banyak lagi. Konten Anda akan didorong oleh kata kunci Anda. Jadi yang Anda butuhkan di sini adalah konten yang kaya akan kata kunci tanpa kehilangan kualitasnya.


Kekuatan pendorong utama untuk konten Anda adalah posting blog Anda. Jadi setiap posting membutuhkan kata kunci longtail kualitas yang akan mengarahkan lalu lintas dan arahan. Kuncinya adalah membuat dan menggunakan kata kunci yang bagus. Anda dapat membuatnya sendiri, atau menggunakan alat untuk menemukan kata kunci yang bagus.


4. Media Sosial

Kita semua tahu kekuatan media sosial. Menawarkan jangkauan tak tertandingi yang sulit ditandingi platform lain.


Mari kita perjelas satu hal. Agar penjangkauan media sosial berhasil, Anda harus memiliki kemauan untuk berinvestasi di dalamnya. Dan kita berbicara waktu dan uang di sini.

Yang juga penting adalah jaringan media sosial yang tepat yang Anda inginkan untuk memfokuskan upaya Anda.

Apakah Anda ingin berada di Facebook? Atau mungkin Anda menginginkannya di Twitter? Saran kami adalah meluangkan waktu untuk meneliti audiens target Anda untuk melihat platform mana yang paling aktif!

Bergantung pada platform yang Anda pilih, itu mungkin opsi organik (tidak dibayar), atau mungkin lebih dari platform "bayar untuk bermain". Apa pun itu, kami sarankan menyisihkan anggaran iklan untuk membantu Anda mencapai tujuan di media sosial.

Manfaat Periklanan Digital 


Begitulah, jika Anda ingin benar-benar meningkatkan visibilitas dan akhirnya penjualan merek Anda, maka Anda dapat pergi dengan satu atau lebih dari kampanye tersebut. Untuk melanjutkan, akan lebih baik untuk melihat apa manfaat 5 teratas dari iklan digital untuk bisnis kecil yang menerapkan salah satu kampanye tersebut.


1. Hemat Biaya


Iklan digital berbiaya efektif, terutama bila Anda membandingkannya dengan iklan tradisional, yang jauh lebih mahal. Untuk usaha kecil, biaya dapat dipahami adalah masalah besar. Mereka harus sangat berhati-hati tentang bagaimana dan untuk apa mereka membelanjakan anggaran mereka karena sumber dayanya terbatas.


Jika Anda adalah pemilik perusahaan kecil dan Anda memutuskan untuk menggunakan iklan tradisional seperti iklan cetak, papan iklan, iklan TV dll., Maka sebaiknya Anda siap untuk membelanjakannya.

Menyewa seorang desainer grafis adalah suatu pemberian jika Anda menginginkan iklan yang terlihat seperti dirancang secara profesional. Selain biaya merekrut seorang desainer, ada juga biaya untuk menampilkan iklan di majalah atau koran.

Sekarang Anda mungkin ingin bekerja lebih keras dan memiliki iklan di TV atau di radio. Itu hebat dan membuka peluang, tetapi Anda juga harus memahami bahwa biaya akan meroket (dan biasanya tidak untuk banyak ROI, tetapi kami akan membahasnya nanti).

Anda tidak memiliki masalah seperti itu jika memilih digital. Itu jauh lebih terjangkau, dan bahkan ada contoh ketika itu bisa sepenuhnya bebas dari biaya apa pun. Posting di beberapa platform media sosial tidak dikenakan biaya apa pun. Anda mendapatkan jangkauan media sosial yang tak tertandingi sambil menghemat uang yang dapat Anda gunakan untuk hal-hal lain.

Bahkan ketika Anda berinvestasi dalam iklan digital dengan Iklan Google atau Iklan Facebook dll. Biaya per 1.000 tayangan atau biaya per klik jauh lebih murah daripada membayar untuk papan iklan atau iklan cetak (yang mungkin tidak menjangkau sebanyak mungkin orang!).

2. Cepat dan Mudah Rencana

Periklanan digital juga menawarkan keuntungan karena cepat dan mudah direncanakan. Hal yang sama tidak dapat dikatakan tentang iklan tradisional, yang harus direncanakan terlebih dahulu. Ini bisa memakan waktu berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan.

Dengan iklan digital, bukan itu masalahnya. Waktu penyelesaian yang dibutuhkan untuk membuat kampanye iklan digital jauh lebih cepat daripada pemasaran tradisional.

Katakanlah Anda tiba-tiba memutuskan untuk menjalankan penjualan untuk salah satu produk Anda di menit terakhir. Jika Anda menggunakan digital, Anda dapat menjalankan kampanye iklan hampir secara instan jika Anda punya waktu dan tahu apa yang Anda lakukan.

Outlet pemasaran tradisional pada dasarnya tidak fleksibel untuk beroperasi secepat itu. Yang Anda butuhkan hanyalah mengklik beberapa tombol, dan Anda dapat segera melihat iklan di luar sana agar dunia melihatnya.

Going digital juga memberi Anda opsi untuk membuat perubahan cepat kapan pun kebutuhan muncul. Waktu adalah komoditas yang sangat penting dalam bisnis, dan terlebih lagi bagi perusahaan kecil dan pemula. Mampu menghemat waktu berarti ada peluang yang lebih baik untuk mendapatkan laba atas investasi (ROI) lebih cepat.

3. Mudah untuk Melacak


Karena periklanan digital mudah untuk direncanakan, juga mudah dilacak. Jika Anda ingin mengetahui sesuatu atau apa pun tentang kampanye iklan Anda, Anda dapat mencari tahu dari kampanye iklan digital Anda secara instan.

Apakah Anda ingin tahu apa yang bekerja untuk Anda dan apa yang tidak? Opsi digital memudahkan Anda dengan mengukur semua aspek penting kampanye Anda.

Ya , kita berbicara tentang analitik di sini. Dan Anda harus menggunakannya untuk melihat apa yang sedang terjadi dengan berbagai aspek kampanye iklan Anda. Misalnya, situs web Anda memiliki buletin email reguler, dan Anda ingin tahu berapa banyak orang yang membukanya secara berkala.

Solusinya? Anda hanya melacak berapa banyak orang yang ada dalam daftar email Anda dan menerima buletin yang benar-benar membukanya.

Adapun iklan Anda yang sebenarnya, Anda dapat melacak berapa kali iklan tertentu telah diklik. Anda kemudian dapat membandingkannya dengan berapa kali iklan benar-benar dilihat.


Dengan menggunakan contoh papan iklan lagi, Anda dapat membayar ribuan lebih untuk papan iklan daripada iklan Facebook. Tetapi tidak seperti iklan Facebook, Anda tidak akan tahu berapa banyak orang yang melihat papan iklan, demografi mereka, apakah itu cocok dengan mereka, dll.

Jadikan analytics berfungsi untuk Anda, terutama karena ini adalah salah satu keuntungan utama yang ditawarkan oleh periklanan digital.

4. Mudah Dibarui

Karena periklanan digital mudah dilacak, maka ia juga mudah diperbarui. Itu sangat membantu jika Anda ingin membuat perubahan pada kampanye Anda, baik besar maupun kecil.

Bagaimana jika Anda tiba-tiba memikirkan pesan yang lebih baik daripada yang Anda publikasikan kemarin? Atau yang Anda keluarkan beberapa jam yang lalu? Bagaimana jika Anda menjalankan penjualan sementara yang singkat di situs Anda?

Nah, yang perlu Anda lakukan adalah memperbarui pesan Anda melalui platform iklan Anda, apakah Anda menggunakan Iklan Google, Pengelola Iklan Facebook, dll.

Dengan iklan tradisional, Anda tidak dapat membuat pembaruan seperti ini. Tidak ada jalan untuk kembali setelah Anda mengirim iklan, jadi untuk berbicara. Jika Anda terjebak dengan iklan offline, tindakan pencegahan terbaik adalah dengan menggandakan atau bahkan memeriksa semuanya tiga kali sebelum mengirimkannya, salinan, desain, skema warna, segala sesuatu tentang kampanye iklan Anda.

5. Ditargetkan

Periklanan digital ditargetkan . Ini artinya Anda memiliki kendali penuh atas siapa yang benar-benar melihat iklan. Dan mungkin yang lebih penting, Anda dapat memastikan bahwa iklan Anda hanya dilihat oleh mereka yang benar-benar tertarik.


Apa yang memungkinkan iklan digital menjadi target ini?

Banyak alat yang disediakan untuk Anda oleh platform seperti jaringan media sosial memungkinkan hal ini. Sebagai contoh, katakanlah Anda memiliki garis pakaian anak-anak. Anda ingin meningkatkan kampanye iklan Anda untuk produk-produk lini Anda yang dibuat untuk anak berusia dua hingga tiga tahun.

Anda dapat menargetkan kata kunci yang relevan yang akan dicari orang tua di Google di sekitar produk Anda, atau Anda dapat menargetkan orang tua balita secara langsung di media sosial!

Manfaat lain yang jelas tetapi ditambahkan dari digital adalah memiliki jangkauan yang tidak terbatas. Anda tidak bisa mengalahkannya karena Anda dapat ditemukan di mana saja di dunia dan masih menjangkau semua orang yang ingin Anda jual produk atau layanan Anda.

Bayangkan dampak seperti apa yang dapat dicapai oleh jangkauan global tersebut untuk bisnis kecil Anda. Ini akan membuat Anda melampaui apa yang sebelumnya Anda pikir sebagai perbatasan dan akan membuat Anda terhubung dengan lebih banyak orang. Orang-orang itu kemudian bisa menjadi target audiens Anda, alias pelanggan potensial Anda.

Dalam beberapa dekade terakhir, sebuah bisnis kecil dengan sumber daya terbatas tidak bisa berharap menjadi lebih dari sekadar toko batu bata dan mortir. Tetapi sekarang itu tidak lagi benar.

Revolusi digital sedang berjalan lancar, dan tidak ada jalan kembali untuk setiap industri yang memutuskan untuk menjadi bagian darinya.

Yang tak kalah pentingnya adalah peran iklan digital dalam mengarahkan ROI bisnis Anda. Itulah garis bawah dan tujuan akhir untuk perusahaan apa pun, besar atau kecil.

Catatan

Tidak ada rahasia untuk menyelesaikannya. Semua yang diperlukan adalah tim pekerja keras  yang memahami apa yang diperlukan untuk berhasil, ditambah dengan pengetahuan yang benar.
Memiliki visi dan pandangan jauh ke depan untuk menetapkan tujuan yang tepat juga membantu. Dan melompat ke kereta musik digital pasti akan membayar lebih cepat daripada nanti.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter