-->

Panduan untuk Membuat Rencana Pemasaran Efektif

Rekomendasi.my.id - Membuat rencana pemasaran bisa menakutkan pada awalnya! Sebagai marketeers kita semua tahu bahwa pemasaran mengandung banyak elemen berbeda yang tidak ingin kita lewatkan dalam rencana kita. Memastikan kami mengirimkan pesan kami di berbagai platform untuk mencapai komunikasi maksimum adalah apa yang kami sebut pendekatan pemasaran 360 derajat. Ini sangat penting untuk menciptakan strategi yang efektif.

Apa yang harus kita pertimbangkan ketika membuat strategi komunikasi kita?



1. Penelitian

Saat membuat kampanye pemasaran baru selalu pastikan Anda diteliti dengan baik. Apa yang dilakukan pesaing saya yang memungkinkan mereka untuk berhasil? Apakah ada sesuatu yang terjadi di area lokal saya yang dapat saya manfaatkan? Apa tren saat ini di sektor saya?

Gunakan informasi dari riset Anda untuk menemukan celah di pasar. Jadilah celahnya. Setelah Anda tahu apa yang akan Anda pemasaran Anda dapat mulai merencanakan.

2. Rencana Pemasaran Konten

Konten apa yang Anda butuhkan? Apakah Anda perlu mengatur pemotretan atau perekaman video? Aset apa yang paling cocok untuk media sosial, buletin, dan situs web?

3. Pemasaran Digital

Pemasaran digital sangat penting untuk rencana pemasaran Anda karena mewakili kehadiran online Anda. Ini berisi banyak taktik dalam strategi pemasaran Anda termasuk;

Media sosial

Buat strategi untuk media sosial itu sendiri. Apa strategi posting organik Anda? Saluran mana yang akan Anda posting? Apa strategi copywriting Anda? Apakah Anda akan membuat kampanye sosial berbayar? Jika demikian, berapa anggaran yang Anda butuhkan untuk ini? Jika sebelumnya Anda telah melakukan kampanye, Anda dapat melihat hasilnya di pengelola iklan Facebook sebagai panduan.

Situs web

Apakah semua konten Anda tayang langsung di situs web Anda? Apakah visual dan mudah dibaca?

SEO

Bagaimana Anda berencana untuk meningkatkan lalu lintas organik ke situs web Anda? Apa taktik SEO kunci Anda? Beberapa yang bermanfaat adalah; menggunakan perencana kata kunci Google Adwords untuk memastikan Anda memasukkan kata kunci yang paling efektif di situs web Anda untuk tujuan kampanye Anda, membuat tautan balik dengan menghubungi situs web lain dan melihat apakah mereka akan menyertakan tautan ke situs Anda, gunakan Google Search Console dan periksa kecepatan dan kinerja situs Anda (berkinerja baik dan situs cepat berperingkat lebih tinggi oleh Google) dan memastikan tag judul, deskripsi meta, tag header dan tag alt gambar semua selesai.

PPC

Apakah Anda ingin menggunakan kampanye iklan pencarian Google untuk meningkatkan konversi berdasarkan tujuan Anda?

Email Pemasaran

Pemasaran email adalah cara terbaik untuk mengirim pesan ke basis data Anda, memberi tahu mereka tentang aktivitas pemasaran Anda dan membangun tautan ke situs web Anda. Tip utama untuk pemasaran email adalah membuat garis subjek yang tak tertahankan yang mendorong audiens Anda untuk membaca lebih lanjut.

Strategi PR dan Influencer

Apakah Anda akan membuat siaran pers untuk didistribusikan ke media? Influencer apa yang paling cocok untuk merek Anda? Apakah Anda akan menjadi tuan rumah acara pers?

4. Print

Cetak adalah bentuk pemasaran yang lebih tradisional namun masih efektif. Anda mungkin ingin mempertimbangkan apakah Anda akan menggunakan bahan cetak seperti poster, selebaran atau selebaran untuk berkomunikasi? Ini bisa berguna untuk restoran, bar atau toko yang mungkin ingin mempromosikan di dalam area lokal mereka pada kejadian mereka.

5. Kemitraan

Sudahkah Anda melihat ke dalam menciptakan kemitraan yang dapat digunakan untuk mempromosikan tujuan pemasaran Anda?

Related Posts

Subscribe Our Newsletter