Setting Google Analytics Dengan 5 Langkah Mudah

Rekomendasi.my.id - Bisnis Manapun yang mau bersaing dalam dunia digital marketing, Perlu meningkatkan visibilitas webnya dalam mesin pencari seperti Google.
Namun tahukah anda seberapa banyak dan darimanakah pengunjung yang datang ke laman website anda?
Jika jawaban anda adalah "tidak" maka melakukan setup atau pemasangan Google Analytics dalam menjadi solusi bagi permasalahan tersebut.

Apa Itu Google Analytics? Dan Data Apa Yang Google Analytics Berikan?
Memasang Google analytics memudahkan anda dalam memahami pertumbuhan pengunjung dalam website yang anda miliki.
Dengan Menggunakan Google Analctics anda dapat memahami bahagiamana pengunjung datang, halaman mana yang paling banyak dikunjungi serta perilaku yang dilakukan pengunjung di website anda.
Ketika anda selesai men-setup atau menginstall Google Analytics di website anda, maka anda dapat mengukur serta membuat target yang akan dicapai oleh website anda.
Dengan kata lain, Ini memberikan anda suatu kemampuan untuk menganalisa dan memaksimalkan ROI(Return On Investment) yakni profit atau keuntungan yang dihasilkan.
Namun, Melakukan pemasangan google analytics bisa jadi tidak semudah yang anda pikirkan.. apalagi jika anda baru menggunakanya untuk pertama kali.
Sebelum kita Melompat ke bagaimana cara memasang Google Analytics dengan baik dan benar, berikut ini anda akan mengetahui manfaat dari memasang Google Analytics bagi bisnis anda.

Manfaat dari Menggunakan Google Analytics

  • Informasi tentang jumlah timah yang dikonversi menjadi pembeli
  • Informasi tentang asal pengunjung situs web
  • Informasi tentang apakah lalu lintas berasal dari perangkat seluler atau desktop
  • Informasi tentang lalu lintas dan hasil setiap halaman
  • Lalu lintas keseluruhan yang diterima situs web Anda
  • Informasi tentang demografi pengunjung situs web Anda, dll.
  • Semua ini adalah informasi berharga ketika datang untuk mengevaluasi dan meningkatkan kinerja situs web perusahaan Anda.
  • Anda memiliki kemampuan untuk:
  • Lihat tingkat perayapan situs web Anda
  • Periksa dengan tepat kapan Google melakukan analisis terhadap situs web Anda
  • Cari tahu halaman apa yang terhubung ke situs web Anda, apakah itu tautan internal atau eksternal
  • Lihatlah kata kunci apa yang diperingkat situs web Anda pada pencarian mesin pencari, dll.


Sekitar 56% Halaman Website di dunia telah menggunakan Google Analytics.
Dan dengan alasan yang baik. tool ini tidak hanya menjadi populer di dalam dunia digital marketing melaikan google analyitcs ini merupakan tool yang vital bagi bisnis anda. Tool ini memberikan anda banyak informasi penting yang akan bermanfaat bagi usaha ataupun bisnis yang anda miliki.
Dan perusahaan mana yang tidak ingin memiliki akses ini?
Berbeda dengan Google sebagai Big Data, Google analytics memberikan anda akses dan informasi lebih dalam tentang pengunjung website anda.
Dengan pengaturan Google Analytics, Anda akan dapat memperoleh pengetahuan tentang halaman apa di situs Anda yang menerima lalu lintas terbanyak, dari mana situs Anda menghasilkan arahan, dan demografi pada arahan tersebut. Manfaat lain termasuk:
Pada akhirnya, situs web Anda adalah tempat mayoritas penjualan atau prospek Anda berasal, sehingga membantu memiliki alat yang akan meningkatkan efektivitasnya dan membuat perjalanan pengunjung situs web Anda lebih efisien.
Tidak peduli bisnis atau industri tempat Anda berada, menggunakan alat untuk meningkatkan daya tanggap situs web Anda hanya dapat melakukan lebih banyak manfaat daripada merugikan bisnis Anda.
Memiliki informasi tentang kebiasaan situs web pelanggan Anda, info demografis, dan konversi adalah informasi yang bermakna yang dapat dimanfaatkan oleh perusahaan mana pun.
Dengan semua alat pemasaran digital baru yang kini dapat dimanfaatkan oleh bisnis untuk meningkatkan keberadaan online mereka, perusahaan Anda akan dapat merasakan banyak manfaat dengan pemasangan ini.
Di situlah Google Analytics berperan.
Ini adalah salah satu alat pemasaran tercepat dan paling banyak digunakan yang digunakan saat ini, jadi mengintegrasikannya ke dalam strategi pemasaran Anda pasti akan memberikan bisnis Anda dengan informasi kunci yang dibutuhkan untuk membuat keputusan yang paling terdidik.
Jadi, bagaimana cara mengatur Google Analytics?

Sekarang setelah Anda tahu persis mengapa itu penting bagi bisnis Anda, berikut adalah langkah-langkah yang Anda perlukan untuk menyiapkan Google Analytics untuk bisnis Anda:

Cara Mengatur Google Analytics

1. Mengatur Akun Google Pengelola Tag
Untuk memulai pengaturan Google Analytics, Anda harus mulai dengan dasar-dasarnya. Langkah pertama adalah mengatur Google Pengelola Tag dengan Google. Menyiapkan akun ini berbeda dari akun Google biasa, tetapi gratis.
Cara Google Tag bekerja adalah dengan mengambil informasi di situs web Anda dan mengirimkannya ke platform lain seperti Facebook dan Google Analytics.
Dengan cara ini Anda dapat menghemat waktu karena dengan mudah Anda dapat memperbarui dan menambahkan tag ke kode penyiapan Google Analytics Anda tanpa harus repot-repot menulis kode.
Misalnya, jika Anda ingin melacak klik pada tautan di situs Anda, itu akan jauh lebih membosankan tanpa Google Pengelola Tag. Pengelola tag memberi Anda kemampuan untuk menambahkan tag baru tanpa harus mengubah tautan secara manual.
2. Siapkan Akun Google Analytics
Selanjutnya, Anda harus membuat akun terpisah dengan Google Analytics. Mirip dengan Google Pengelola Tag, akun ini juga gratis.
Setelah Anda membuat akun, ID pelacakan akan dibuat untuk Anda. ID pelacakan adalah kode yang memerintahkan Google Analytics untuk mengirim data kepada Anda.
Angka ini tidak hanya unik, tetapi juga penting karena secara khusus dikaitkan dengan situs web Anda dan data pribadi Anda.
Karena itu, penting untuk tidak membagikan nomor ini kepada publik. Setelah akun Google Analytics memberi Anda ID pelacakan ini, Anda dapat beralih ke langkah berikutnya.
3. Gunakan Google Tag Manager Untuk Mengatur Tag Analytics
Langkah selanjutnya dalam proses ini adalah untuk mengintegrasikan informasi dari dua platform. Di sinilah ID pelacakan unik Anda ikut bermain. Ini akan membantu dalam menyiapkan tag pelacakan yang tepat untuk situs web Anda.
Di situs web pengelola tag, Anda akan memiliki kemampuan untuk menyesuaikan dua bagian dari tag Anda - konfigurasi dan pemicu.
Konfigurasi menentukan ke mana informasi yang dikumpulkan dari tag akan pergi dan Memicu adalah jenis informasi yang ingin Anda kumpulkan.
Saat membuat tag untuk pengaturan Google Analytics Anda, Anda ingin memastikan Anda menggunakan "Universal Analytics." Ini memberi tag Anda jangkauan jangkauan yang lebih luas ketika digunakan di internet dalam melacak informasi untuk situs web Anda.
4. Format Tujuan Di Google Analytics
Meskipun Anda mungkin sudah mengetahui indikator kinerja utama untuk situs web dan bisnis Anda, Google Analytics tidak.
Bagian pengaturan Google Analytics ini paling penting karena di sinilah informasi paling berharga ke situs web Anda akan dikenali.
Di sinilah Anda akan memberi tahu Google Analytics apa yang ingin Anda lacak secara spesifik di situs web Anda.
Menetapkan tujuan Anda dalam pengaturan Google Analytics Anda adalah penting, sehingga Google dapat mengetahui metrik apa yang harus dilacak untuk mengukur keberhasilan situs web Anda.
Selain itu, Anda akan dapat memilih dari berbagai templat tujuan untuk dilacak. Anda dapat memilih salah satu yang cocok dengan tujuan yang Anda inginkan dan kemudian memilih tujuan tertentu. Tujuannya meliputi:
Tujuan: Ini adalah jika tujuan Anda adalah melacak apakah pengguna Anda mencapai halaman tertentu di situs Anda.
Durasi: Ini adalah jika tujuan Anda adalah melacak jumlah waktu yang dihabiskan pengguna Anda pada halaman di situs Anda.
Halaman atau Layar Per Sesi: Ini adalah jika tujuan Anda adalah melacak jika pengguna Anda pergi ke sejumlah halaman tertentu.
Acara: Ini adalah jika tujuan Anda adalah melacak apakah pengguna memutar video tertentu atau mengklik tautan tertentu.
Dari sana, Anda dapat memberikan Google Analytics lebih spesifik tentang sasaran Anda sehingga dapat lebih baik menentukan seperti apa "kesuksesan" itu terlihat di situs web Anda.
Namun, ada banyak bidang yang bisa Anda selami lebih dalam saat menyesuaikan metrik dan tujuan spesifik yang ingin Anda lacak ketika mengatur Google Analytics.
Oleh karena itu, dapat menjadi luar biasa ketika memutuskan metrik apa yang akan dilacak. Itulah mengapa yang terbaik adalah memulai dengan metrik yang paling penting bagi Anda dan situs web bisnis Anda dan teruskan.
5. Tambahkan Situs Web Anda Ke Google Search Console
Dengan bantuan Google Search Console, Anda akan dapat memperoleh data pencarian yang berharga di situs web Anda.
Semua ini bisa menjadi informasi yang sangat berharga jika Anda ingin melihat bagaimana situs web Anda bertahan dalam sistem analisis Google.
Jadi, apa selanjutnya yang Anda lakukan dengan pengaturan Google Analytics?
Dunia analitik siap membantu Anda. Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan dengan Google Analytics.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter